Tentang Kami
Pendidikan inklusif memiliki kepentingan dan signifikansi terutama karena mewujudkan prinsip-prinsip dasar kesetaraan, keragaman, dan keadilan sosial dalam kerangka pendidikan. Alasan di balik pendidikan inklusif terletak pada keyakinan bahwa setiap individu, terlepas dari kemampuan, disabilitas, atau perbedaan mereka, memiliki hak untuk mengakses pendidikan berkualitas di lingkungan yang menumbuhkan rasa hormat dan penerimaan. Dengan merangkul inklusivitas, masyarakat mengakui beragam sifat kemampuan manusia dan mengenali nilai yang melekat yang dibawa setiap orang ke komunitas belajar. Pendekatan ini tidak hanya mempromosikan rasa memiliki dan martabat tetapi juga menumbuhkan empati dan pemahaman di antara peserta didik, mempersiapkan mereka untuk dunia yang berkembang dengan kolaborasi dan kerja sama.
Perlunya penerapan pendidikan inklusif berdasarkan PermenDikbud No. 70 Tahun 2009 didasarkan pada prinsip-prinsip kesetaraan, keberagaman, dan keadilan sosial. Peraturan tersebut berfungsi sebagai pedoman untuk menciptakan sistem pendidikan di Indonesia yang inklusif, mengakomodasi kebutuhan setiap peserta didik dan menumbuhkan lingkungan yang menghargai dan merayakan keragaman. Dengan berpegang pada prinsip-prinsip ini, Indonesia bertujuan untuk membangun masyarakat yang lebih inklusif dan berkontribusi pada pembangunan holistik semua warganya.
Kebutuhan untuk menerapkan pendidikan inklusif di Indonesia bersifat multi-segi, mengatasi masalah kesenjangan regional, inklusi sosial, hak disabilitas, dan pembangunan ekonomi. Dengan memprioritaskan pendidikan inklusif, Indonesia dapat memanfaatkan potensi penuh dari populasi yang beragam dan bekerja untuk membangun masyarakat yang lebih adil, harmonis, dan sejahtera.
Pada website ini, Anda dapat menemukan berbagai informasi tentang hasil kerja riset, publikasi ilmiah, dan kegiatan yang dilakukan oleh Kelompok Riset Pendidikan Inklusif Undiksha. Website ini juga menyajikan artikel, program pelatihan, dan sumber daya lain yang bertujuan untuk mempromosikan pendidikan inklusif di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Kami berharap informasi ini dapat menjadi inspirasi dan panduan untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif bagi semua.

Prof Dr. Ni Nyoman Padmadewi, MA
Ketua Kelompok Research Pendidikan Inklusif

Dr. Kadek Yogi Parta Lesmana, S.Pd.,M.Pd.,AIFO-P
Anggota Kelompok
Prodi: Pendidikan Olahraga
Fokus Penelitian: Inventory Prestasi Para Atlet Penyandang Disabilitas

Dr. Ketut Susiani, S.Pd.,M.Pd
Anggota Kelompok
Jurusan Pendidikan Dasar
Fokus Penelitian : ADHD

Prof. Dra Luh Putu Artini, MA, PhD
Anggota Kelompok
Fokus penelitian: Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa Asing, Kedwibahasaan, dan Literasi Anak; Pendidikan Inklusi khususnya anak yang "Gifted dan Talented".

I Ketut Trika Adi Ana, S.Pd., M.Pd.
Anggota Kelompok