Gambaran Umum LPPM

A. Latar Belakang

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) mempunyai tugas  untuk menyelenggarakan tri dharma perguruan tinggi (Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat) secara efektif dan efisien. Menyadari bahwa pengabdian kepada masyarakat merupakan tugas pokok dosen di perguruan tinggi, maka dalam mplementasinya harus dijabarkan ke dalam program-program yang memiliki kejelasan engenai tujuan, bentuk dan sasarannya. Sehubungan dengan itu, bentuk dan pola pengabdiannya tentu disesuaikan dengan visi dan perluasan mandat utamanya sebagai lembaga pendidikan tenaga kependidikan dan juga bidang non kependidikan. Untuk saat ini, bentuk/pola kegiatan pengabdian kepada masyarakat Undiksha tetap mengambil khalayak sasaran di sekolah dan luar sekolah/masyarakat umum, kelompok, komunitas maupun lembaga yang berada diperkotaan maupun pedesaan. Menyadari bahwa pengabdian sebagai salah satu dharma pokok pendidikan tinggi, maka strategi pengembangan pengabdian kepada masyarakat yang akan dikembangkan kedepan adalah: (1) melaksanakan P2M berdasarkan azas manfaat bagi masyarakat, (2) Peningkatan penyuluhan dan pelayanan teknis dan konsultasi bagi masyarakat pada berbagai bidang; (3) kerjasama simetris kemitraan dengan berbagai pihak terkait, (4) pendayagunaan secara optimal asset Universitas Pendidikan Gaensha ( Undiksha ) yang bersifat strategis, baik dilihat dari segi lokasi maupun operasional.

B. Visi dan Misi LPM Undiksha

Visi Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Undiksha adalah menjadi lembaga yang mampu mewujudkan masyarakat yang maju dan sejahtera berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, melalui pemerataan kesempatan memanfaatkan hasilhasil penelitian, hasil pendidikan di perguruan tinggi, maupun hasil pengembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) bagi masyarakat luas.

C. Tujuan, dan Sasaran P2M

Tujuan dari pelaksanaan P2M adalah: (1) meningkatkan pemenuhan berbagai kebutuhan sekolah dan masyarakat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pendekatan pendidikan, penyuluhan dan pembinaan secara partisipatif, dan (2) mempercepat proses peningkatan kualitas pendidikan dan pengajaran di sekolah. Sasaran dari P2M adalah: (1) masyarakat Sekolah, yang didalamnya termasuk siswa, guru, dan pegawai administrasi sekolah, dan (2) masyarakat, yaitu masyarakat yang memiliki latar belakang sosial demografis, ekonomis, pendidikan yang berbeda; kader-kader pembangunan di desa/kelurahan sasaran; anggota masyarakat potensial di desa sasaran, maupun lembaga/organisasi, serta badan dan dinas pemerintah maupun non pemerintah.

D. Alamat Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM)

Jalan Udayana Nomor 11 Singaraja Bali.
Telp  : (0362) 26327
email: lppm@undiksha.ac.id