Salah satu upaya dosen dalam mengimplementasikan Tri Darma Perguruan Tinggi adalah dengan mentransformasikan ilmu yang dimilikinya melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). Kegiatan PKM tidak hanya dapat menyebarluaskan ilmu pengetahuan, namun juga dapat menjalin kerjasama dengan masyarakat sehingga tercipta hubungan yang harmonis antar lembaga dengan mitra kerjasama. Tahun ini, tim pengusul PKM yang diketuai oleh Ketut Herya Darma Utami, S. Pd.,M.Pd melaksanakan kegiatan Pelatihan Komunikasi Bahasa Inggris Bagi Fronliner RSU Karya Dharma Husada Sebagai Upaya Meningkatkan Profesionalisme dan Pelayanan Prima. Dalam kegiatan ini Undiksha menjalin kemitraan dengan RSU Karya Darma Husada sebagai upaya lembaga meningkatkan performa pelayana prima mitra dengan penguatan komunikasi Bahasa Inggris dalam menerima tamu asing. Kegiatan ini dilaksanakan pada 9 Juni 2023 bertempat di aula RSU Karya Darma Husada. Pelatihan ini dilaksanakan bersama-sama dengan anggota dosen sejumlah 2 orang yakni Ni Wayan Monik Rismadewi, S,Pd.,M.Pd dan Luh Putu Dian Kresnawati, S.Pd.,M.Pd, serta 3 mahasiswa dari prodi D3 Bahasa Inggris komunikasi dan professional yakni Gede Yoga Krisna Prandika, Gede Widi Mahayana, dan Ida Bagus Wiswanatha Satwika. Bertindak sebagai narasumber dalam kegiatan ini yakni Ketut Herya Darma Utami, S.Pd.,M.Pd beserta Ni Wayan Monik Rismadewi, S,Pd.,M.Pd. Peserta kegiatan PKM ini sejumlah 25 staff frontliner RSU Karya Darma Husada yang terdiri dari beberapa unit. Dalam kegiatan PKM ini, materi yang disajikan adalah pengertian dasar pelayanan prima, karakteristik pelayanan prima, serta peran keterampilan komunikasi dalam menunjang profesionalisme. Adapun materi inti dari PKM ini yakni melayani pasien dengan menggunakan keterampilan berbahasa Inggris. Pada kegiatan ini, peserta diberikan pemaparan ekspresi-ekspresi bahasa yang digunakan saat menerima/melayani tamu asing di rumah sakit, seperti; pemahaman kosakata, cara menyapa tamu, menawarkan bantuan, dan memberi instruksi petunjuk arah. Diakhir pelatihan, para peserta diberi asistensi serta simulasi cara melayani tamu asing di rumah sakit.
Kegiatan diakhiri dengan mendengarkan ungkapan kesan dan pesan dari peserta kegiatan PKM selama kegiatan berlangsung. Kepala security dan sopir selaku peserta kegiatan menyampaikan rasa terimakasih, karena tim PKM yang telah menunjuk RSU KDH sebagai mitra dan membagi ilmu untuk menunjang profesinalisme staff frontliner. Beliau juga berharap agar kerjasama dapat berlanjut ditahun mendatang, sehingga memberi penguatan kembali kepada staff frontliner di rumah sakit. Lebih lanjut kordinator Front office dan kasir menyampaikan “Kegiatan PKM ini sangat berguna dan dapat memberi gambaran apa yang harus dilakukan saat menerima tamu asing, mengingat kemampuan menerima tamu asing dengan Bahasa Inggris sangat minim. Module yang diberikan akan sangat berguna sebagai referensi ekspresi bahasa menerima tamu asing,” imbuhnya.