Prof Ni Nyoman Padmadewi, MA sebagai Kepala Kelompok Riset Pendidikan Inklusif di Univrsitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) baru-baru ini mengunjungi sekolah khusus anak berkebutuhan khusus Sunshine Special Development School di Melbourne Australia, sebagai bagian dari inisiatif internasional untuk menambah wawasan tentang anak berkebutuhan khusus dan proses pembelajarannya.
Selama kunjungan tersebut, Kepala Kelompok Riset berinteraksi dengan pihak sekolah untuk mengamati dan memahami praktik terbaik dalam pelaksanaan pendidikan khusus. Fokusnya adalah pada eksplorasi metode pengajaran yang inovatif, integrasi teknologi bantu, dan strategi untuk menumbuhkan lingkungan belajar yang mendukung bagi siswa dengan berbagai kebutuhan.
“Kunjungan ini merupakan kesempatan berharga untuk belajar dari sekolah yang telah menunjukkan keunggulan dalam memenuhi kebutuhan unik siswanya,” kata Ketua Kelompok Riset. “Tujuan kami adalah untuk menambahkan wawasan ini ke dalam penelitian kami dan pengembangan kerangka kerja dan sumber daya pendidikan yang lebih inklusif.”
Kunjungan tersebut meliputi observasi kelas, dan diskusi dengan staf pengajar. Semoga di tahuan mendatang Kelompok research bisa melakukan kolaborasi masa depan antara kelompok penelitian dan sekolah untuk bersama-sama mengembangkan materi dan program pelatihan bagi para pendidik di Undiksha, dan di dunia.
Pihak sekolah juga mengungkapkan antusiasmenya tentang kunjungan tersebut. Antusiasme dalam memberikan informasi menambah wawasan tentang sistem pendidikan anak berkebutuhan khusus.
Kunjungan tersebut yang dilakukan pada bulan May 2024, menandai langkah penting menuju kemajuan upaya global dalam pendidikan inklusif, menumbuhkan pemahaman yang lebih dalam tentang cara melayani siswa berkebutuhan khusus dengan lebih baik dan membekali para pendidik dengan alat untuk meraih keberhasilan. Kunjungan ini merupakan kunjungan yang kedua kalinya, dimana kunjungan pertama berlangsung tanggal 27 Agustus 2023, sebagai salah salah satu kegiatan Bench Marking tentang pendidikan anak berkebutuhan khusus.