Pusat Pengembangan Inkubator Bisnis

LATAR BELAKANG

Inkubator Bisnis Undiksha yang selanjutnya kami sebut I-BISA merupakan lembaga yang memiliki tugas untuk melakukan inkubasi guna melahirkan wirausaha baru baik yang berasal dari dalam kampus yakni mahasiswa dan dosen maupun luar lembaga yakni umkm yang khususnya ada di Kabupaten Buleleng. Inkubator Bisnis Undiksha yang didirikan tahun 2017, mulai beroperasional secara aktif sejak tahun 2018, dimana pada saat itu dilakukan pendampingan bagi beberapa tenant baik in wall maupun out wall. Memiliki visi yakni Menjadikan Industri Kreatif Unggul, Maju, dan Berkualitas dengan Berlandaskan Kearifan Budaya Bali, maka fokus bidang inkubasi adalah industri kreatif.

Pertumbuhan industri kreatif berkembang sangat pesat di dunia seiring perkembangan teknologi dari tahun ke tahun yang pesat pula. Pertumbuhan industri kreatif di dunia juga diikuti dengan tren positif pada pertumbuhan industri kreatif di Indonesia pula. Pertumbuhan industri kreatif di Indonesia ditopang pula dengan adanya bonus demografi di Indonesia. Sektor industri kreatif di Indonesia haruslah dikembangkan secara serius dengan tujuan mempersiapkan generasi muda Indonesia dengan harapan mereka mampu menjadi creativepreneur yang sukses dan berdampak di masa depan bagi perekonomian Indonesia.

Di Indonesia, Industri kreatif sedang berkembang denga cepat, para ahli dan pakar ekonomi menyatakan bahwa pedapatan negara sebagian disumbang oleh industri kreatif yang terus bertumbuh dan berkembang pada setiap saat. Industri kreatif sendiri menurut Kementrian Perdagangan Indonesia adalah industri yang berasal dari pemanfaatan aktifitas, ketrampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan mengekploitasi daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.

Industri kreatif saat ini memang memiliki peranan yang sangat penting pada perekonomian suatu negara, bukan hanya di negara berkembang seperti Indonesia. Hal ini tidak bisa dipisahkan karena industri kreatif memiliki peran meningkatkan perekonomian sebuah negara secara global. Industri kreatif erat hubunganya dengan tingkat kreativitas manusia sebagai sumber daya utama penggerak roda perekonomian. Banyaknya sektor industri kreatif yang tercipta adalah sebagai buah dari kreativitas dan inovasi yang dikembangkan oleh seseorang.

Bali merupakan pulau yang kaya akan budaya dan adat istiadat. Masyarakat Bali memiliki kreativitas yang tinggi serta memiliki banyak ide untuk mengembangkan Industri kreatif. Inkubator Bisnis Universitas Pendidikan Ganesha siap menjadi wadah bagi para calon pengusaha industri kreatif ini yang terdiri dari 16 sub-sektor yaitu:

  1. Aplikasi dan Pengembang Permainan
  2. Arsitektur
  3. Desain Interior
  4. Desain Komunikasi Visual
  5. Desain Produk
  6. Fashion
  7. Film, Animasi, dan Video
  8. Fotografi
  9. Kriya
  10. Kuliner
  11. Musik
  12. Penerbitan
  13. Periklanan
  14. Seni Pertunjukan
  15. Seni Rupa
  16. Televisi dan Radio

Dengan potensi pasar yang luar biasa luar melihat kondisi geografis dan demografis masyarakat Bali serta dilihat dari sisi kepariwisataan, maka diharapkan dengan adanya INBIS UNDIKSHA Singaraja yang berbasiskan pada Industri Kreatif akan meningkatkan pendapatan masyarakat Bali. Adapun peserta inkubasi (tenant) adalah sivitas akademika UNDIKSHA, baik dosen maupun mahasiswa serta masyarakat umum yang memenuhi ketentuan-ketentuan yang diterapkan dalam proses seleksi tenant.

  1. Tersedianya informasi sarana dan prasarana pada Inkubator Bisnis
  2. Tersedianya gambaran tahapan kegiatan dalam menjalani proses inkubasi
  3. Tersedianya informasi tentang ketentuan-ketentuan yang diperlukan untuk bisa lulus (graduasi) dari proses inkubasi di Inkubator Bisnis.

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN

VISI Inkubator Bisnis Undiksha

Menjadikan Industri Kreatif Unggul, Maju, dan Berkualitas dengan Berlandaskan Kearifan Budaya Bali.

MISI Inkubator Bisnis Undiksha

  1. Melahirkan wirausaha baru dari sivitas akademika dan masyarakat umum agar memiliki daya saing tinggi.
  2. Menjadi jembatan antara dunia Akademik, Bisnis, Komonitas dan Pemerintahan agar usaha dapat berkembang dengan baik.
  3. Mengangkat hasil karya anak bangsa dalam industri kreatif agar memiliki nilai komersial yang tinggi.

Tujuan

Inkubator Bisnis berbasiskan Industri Kreatif Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja bertujuan untuk memberikan rujukan bagi Tenant dan staf INBIS dalam menjalani proses inkubasi bisnis di INBIS UNDIKSHA Singaraja.

Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai dengan adanya Inkubator Bisnis adalah sebagai berikut:

  1. Tenant yang diinkubasi mampu mengembangkan usahanya dengan baik sesuai dengan kebutuhan pasar.
  2. Tenant mampu meningkatkan kemampuan produksinya baik secara kualitas maupun kuantitas.
  3. Tenant mampu memberikan dampak ekonomi terhadap masyarakat disekitarnya.